09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Tips pemberian jus buah dan sayuran untuk balita

KategoriNutrisi
Di lihat1385 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips penyajian jus buah untuk balita

Jus buah atau sayur mengandung banyak kebaikan yang dibutuhkan dalam masa pertumbuhan sikecil, balita Bunda. Oleh karenanya, minuman sehat ini sebaiknya dimasukan kedalam daftar menu harian sikecil untuk memaksimalkan manfaatnya. Dengan banyaknya variasi bahan yang bisa digunakan, pasti sekecil tidak pernah bosan untuk minum jus yang menyehatkan.

Saat ini banyak terdapat dipasaran berbagai jenis dan merek jus dalam kemasan. Masing-masing mengklaim sebagai minuman sehat yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan sikecil untuk bertumbuh. Pertanyaanya apakah Bunda harus memilih jus dalam kemasan tersebut atau baiknya bunda membuat sendiri dari bahan-bahan segar?

Jika bunda harus membeli jus dalam kemasan, pastikan bunda membeli produk yang tidak mengandung bahan pengawet dan pemanis buatan. Jika bunda bisa membuat jus sendiri dari buah dan sayuran segar, maka itu jauh lebih baik. Tidak sulit kok membuatnya, dengan alat sederhana bunda dapat bereksperimen dengan variasi bahan untuk menemukan komposisi terbaik dan disukai si buah hati.

Aturan pemberian jus untuk balita

1. Jus buah dapat diberikan sebagai asupan nutrisi antara dua waktu makan. Sekitar jam 10.00, antara waktu makan pagi dan siang, serta jam 16.00 antara makan siang dan makan malam adalah dua waktu yang baik untuk memberikan jus.

2. Sebaiknya pemberian jus dilakukan pada saat perut si kecil kosong dan tidak bersamaan dengan waktu makan berat. Menurut para ahli, tubuh sikecil memerlukan waktu sekitar 10-15 menit untuk mencerna jus, dan direkomendasikan minum jus 1-2 jam setelah makan.

3. Konsumsi jus buah dan sayuran untuk balita usia 1-5 tahun sebaiknya dibatasi sebanyak 4-6 ons atau sekitar 110-165 ml per hari. Jus kombinasi buah dan sayur dapat diberikan agar mereka tidak merasa bosan.

4. Balita sebaiknya tidah hanya diberikan jus murni tanpa ampas, kombinasikan dengan jus yang dibuat dengan memblender buah atau sayur segar untuk memastikan kandungan seratnya. Jus murtni tanpa ampas baik diberikan pada saat pemulihan dari masa sakit termasuk baik untuk terapi penyakit.

5. Pada anak balita, berikanlah jus buah dan sayur yang tidak diencerkan dengan air. Kecuali untuk jus sayur dan buah yang terlalu pekat warnanya atau terlalu manis, biasanya masih perlu diencerkan dengan air.

6. Jus buah dan sayur segar sebaiknya segera dihabiskan setelah dibuat karena vitamin dan mineralnya mudah teroksidasi (rusak karena bereaksi dengan udara) selain itu enzim yang aktif tidak akan lama bertahan manfatnya diudara terbuka.

7. Biasakan si kecil berkumur atau menggosok gigi detelah menim jus, serta hindari minum jus menggunakan dot. Hal ini dimaksudkan untuk melindungi gigi si kecil dari kerusakan karena terkena jus yang manis dan sedikit asam.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru