09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Tips redakan sakit pinggang selama kehamilan

KategoriKehamilan
Di lihat789 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

langkah dalam mengatasi sakit pinggang selama kehamilan

Sekitar 70 persen dari bunda yang sedang mengandung mengalami sakit dibagian punggung dan pinggang di enam bulan terakhir. Seiring dengan perumbuhan si janin, tulang belakang bunda akan sedikit tertekan kebagian depan, dan kondisi ini sering memicu rasa sakit pada otot-otot dibagian pinggang. Berat badan bunda yang bertambah juga akan semakin membebani tulang tangka dan memberikan tekanan lebih khususnya dibagian pinggang.

Penyebab sakit pinggang pada ibu hamil

Selama masa kehamilan, tubuh bunda akan melepaskan hormon relaksin yang mengurangi kekakuan pada bagian ligamen atau otot yang menghubungkan persendian diseluruh tubuh khususnya didaerah tulang panggul. Kondisi ini juga sering mengakibatkan munculnya rasa sakit pada bagian punggung dan pinggang.

Baca juga: Manfaat probiotik bagi bunda dan bayi

Saat ligament menjadi lebih flesibel, persendian juga menjadi lebih longgar dari biasanya. Dibagian panggul, kondisi ini menyebabkan otot-otot sekitar panggul berkontraksi atau menekan jaringan syaraf disekiratnya, dan kondisi ini dapat meningkatkan resiko terjadinya sakit dibagian belakang bahkan dapat merambat sampai ke bagian kaki bunda.

Selain hal-hal yang disebutkan diatas, stress berkepanjangan juga diduga menjadi pemicu muncunya rasa sakit dibagian pinggang bunda yang sedang hamil. Umumnya rasa sakit akan lebih intens saat bunda bertambah stress. Oleh karenanya sangat penting bagi bunda dan pasangan untuk saling menjaga kondisi emosi masing-masing agar tidak mengarah pada stress berkepanjangan.

Tips meredakan sakit pinggang pada ibu hamil

1. Perhatikan setiap gerakan. Untuk meminimalisir sakit diagian tubuh tertentu akibat beban tubuh atau kontrasi otot, para ahli merekomendasikan bunda untuk senantiasa memperhatikan setiap gerakan. Misalnya saat hendak bangun dari posisi tidur, jangan langsung duduk atau saat akan berbaring, jangan langsung berbaring seperti saat bunda sedang tidak hamil. Hindari pula mengangkat benda-benda berat.

Baca juga: Manfaat ajaib daging untuk pertumbuhan si kecil

2. Hindari membungkukan badan. Misalnya saat bunda hendak mengambil benda dilantai, bunda dapat membengkokan lutut dengan posisi punggung sejajar kaki untuk mengambil benda di lantai tanpa harus membengkokan punggung.

3. Saat bunda bangun dari kasur, gulingkan badan hingga posisi bunda berbaring sambil menyamping di pinggir kasur. Gunakan tangan untuk bangkit dan turunkan kaki ke lantai. Setelah bunda dalam posisi duduk di kasur, gunakan bantuan tangan untuk menopang berat badan dengan berpegangan pada pinggir kasur kemudian berdiri secara perlahan.

4. Gunakan bantal untuk menopang bagian pinggang saat bunda tidur untuk mengurangi resiko sakit dibagian pinggang.

5. Untuk meredakan sakit dibagian pinggang selama masa kehamilan bunda dapat melakukan terapi hangat menggunakan air hangat yang dimasukan kedalam botol atau lampu sinar merah khusus untuk terapi hangat.

Baca juga: Kemampuan si kecil diusia 5-8 minggu

6. Jika sakit yang ditimbulkan cukup mengganggu, bunda dapat menghubungi dokter untuk berkonsultasi. Dokter mungkin akan merekomendasikan terapi khusus atau penggunaan sabuk khusus yang dapat menopang posisi tulang pinggang bunda. Dokter juga mungkin akan merekomendasaikan bunda untuk melakukan gerakan olah raga khusus untuk ibu hamil, agar rasa sakit pada bagian pinggang dapat berkurang.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru