09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Tips saat bayi bunda menolak makanan bubur

KategoriBayi
Di lihat1760 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

apa yang harus dilakukan saat bayi menolak makanan semi padat atau bubur bayi?

Sejak usia 6 bulan, bayi ayah bunda sudah bisa dikenalkan dengan makanan semi padat. Pada usia ini, cadangan zat besi dalam tubuh si kecil sudah tidak mencukupi sehingga diperlukan asupan dari luar. Karena itu, fase pemberian makanan semi padat menjadi fase yang penting. Selain untuk memenuhi kebutuhan gizi si kecil, pemberian makanan padat penting untuk mengenalkan bayi kepada jenis makanan lain selain susu. Pada awal kehidupannya susu memang merupakan makanan terpenting, namun di masa mendatang makanan padatlah yang akan mendominasi menu sehari-hari si kecil.

Baca juga: Jenis olahraga untuk bunda pasca melahirkan

Tips saat si kecil menolak bubur bayinya

Untuk memulai pemberian makanan semi padat, strategi yang tepat memang sangat diperlukan. Terkadang pemberian makanan semi padat berjalan lancar dan si kecil segera terbiasa dengan jenis makanan ini. Akan tetapi, bagaimana bila si kecil menolak makanan semi padat?

Adalah wajar bila anak-anak menolak makanan semi padat ketika diperkenalkan pertama kali. Penyebabnya bisa karena ia belum terbiasa dengan makanan yang teksturnya kasar dan terlanjur merasa nyaman dengan susu yang biasa ia konsumsi. Bila hal ini terjadi, jangan memaksa si kecil memakan makanan dengan tekstur kasar. Berikan dulu bubur susu yang sangat encer. Bila ia mau makan sedikit-sedikit dalam jumlah yang meningkat secara bertahap, hal ini sudah merupakan awal yang baik.

Penyebab bayi menolak makan

Penyebab lainnya adalah kondisi kesehatan si kecil yang sedang tidak baik, misalnya demam, sakit penggorokan, pilek, atau sakit perut. Bila penyebab si kecil menolak makanan semi padat adalah karena kurang sehat, berarti ia juga tidak bisa dipaksa memakannya. Bila si kecil sakit, yang terpenting adalah memastikan ia mendapat cukup asupan nutrisi. Karena itu, berilah ia makanan yang membuatnya nyaman, bisa susu formula maupun ASI.

Baca juga: 7 Permainan outdoor untuk melatih skil motorik si kecil

Terkadang, bayi menolak makanan semi padat karena terlalu lapar sehingga tidak bisa sabar untuk makan makanan yang masih asing baginya. Mungkin juga ia terlalu kenyang setelah meminum susu sebelum diberi makanan semi padat. Karena itu, cara yang paling tepat adalah dengan memberi si kecil sedikit susu sebelum mulai makan. Jangan memberikannya terlalu banyak susu, cukup untuk mengurangi rasa laparnya saja sehingga ia akan lebih berselera mencoba makanan semi padat.

Tips meningkatkan nafsu makan bayi

Ada beberapa cara meningkatkan nafsu makan si kecil bila ia menolak makan. Berikut adalah beberapa tips yang layak dicoba.

  • Cobalah memberi si kecil finger food. Finger food adalah berbagai makanan yang bisa dimakan bayi secara langsung dengan cara dipegang sendiri, misalnya, kentang rebus, wortel kukus, atau potongan daging. Makanan ini mungkin tidak akan benar-benar dimakan semuanya oleh si kecil karena ia belum mampu mengunyah dengan baik. Akan tetapi, finger food bisa meningkatkan ketertarikan si kecil untuk makan bila ia mencicipi rasanya.
  • Pilih waktu yang tepat untuk memberikan makanan semi padat. Bila bunda memberikan makanan tersebut di malam hari, mungkin si kecil sudah terlalu lelah untuk makan. Sebaiknya, berikan makanan semi padat di pagi atau siang hari.
  • Bunda juga bisa mencoba makan bersama si kecil. Pastikan sebagian makanan yang kita makan sama dengan menu makan si kecil. Hal ini bisa merangsang ketertarikan si kecil untuk mencicipi makanannya.

Baca juga: Ini dia pentingnya tidur bagi balita bunda

Bila tips diatas belum berhasil?

Jangan khawatir bila cara-cara di atas belum membuahkan hasil. Coba terus memberikan si kecil makanan semi padat dengan sabar dan lambat laun ia akan terbiasa memakannya. Selama si kecil minum cukup susu, mengalami peningkatan berat badan, dan mencapai tahap-tahap perkembangan yang normal, berarti tidak ada masalah. Bila si kecil tidak menunjukkan perkembangan hingga beberapa minggu, bunda bisa berkonsultasi dengan ahli.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru