09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Tips seputar memilih pasta gigi untuk si kecil

KategoriKesehatan
Di lihat6285 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

saran ahli dalam melilih pasta gigi anak

Membersihkan gigi si kecil dilakukan untuk menjaga kekuatan gigi susu mereka. Menurut para ahli, gigi anak dengan usia dibawah 18 bulan sebailnya dibersihkan tanpa menggunakan pasta gigi. Cukup gunakan kain halus yang dibasahi atau sikat lembut yang dicelupkan kedalam air. Baru setelah usia mereka menginjak 18 bulan sampai 6 tahun, ayah bunda dapat memilihkan pasta gigi yang dibuat khsusus untuk anak-anak.

Baca juga: Tips menjaga kekebalan tubuh si kecil

Jenis pasta gigi anak umumnya mengandung kadar fluoride yang lebih rendah dari pasta gigi untuk orang dewasa seingga cenderung aman jika tertelan. Si kecil yang sedang belajar biasanya agak sulit jika diminta untuk meludahkan pasta gigi, alih-alih dibuang, pasta gigi malah bisa ditelannya. Pasta gigi tanpa unsur fluoride direkomendasikan beberapa dokter gigi khususnya bagi si kecil dengan usia dibawah 3 tahun.

Efek negatif fluoride bagi anak balita

Menurut situs pediatricdentistryofglensfalls.com, dalam jumlah besar unsur fluoride dapat menyebabkan keracunan. Meski dikategorikan aman, kandungan fluoride dalam pasta gigi orang dewasa cukup tinggi bagi si kecil, sehingga penggunaan dalam waktu yang lama dikhawatirkan dapat memicu gangguan kesehatan.

Baca juga: Mengatasi susah BAB pada balita secara alami

Jika si kecil terpapar fluoride dengan kadar tinggi dan waktu yang lama, kondisi tersebut dapat memicu gangguan kesehatan termasuk diantaranya adalah fluorosis gigi, yaitu perubahan warna secara permanen pada lapisan enamel gigi. Fluorosis dapat berupa bintik kecoklatan atau bahkan pada level yang lebih parah berupa perubahan warna gigi menjadi coklat gelap.

Pasta gigi untuk gigi sensitif

Kondisi gigi sensitif dapat dialami baik oleh orang dewasa atau anak-anak, jika si kecil mengalami gigi sensitif yang ditandai gejala ngilu atau sakit saat mengkonsumsi makanan panas atau dingin, ayah bunda dapat menmilihkan jenis pasta gigi yang diformulasikan bagi gigi sensitif. Jika penggunaan pasta gigi khusus sensitif tidak meredakan gejala si kecil, segera berkonsultasi dengan dokter gigi anak terdekat.

Agar si kecil mau menggunakan pasta gigi

Baca juga: Manfaat alpukat untuk kesehatan si kecil

Pada awalnya perlu upaya yang cukup intens untuk membiasakan si kecil terbiasa menggosok gigi menggunakan pasta giginya. Untuk meminimalisir penolakan mereka, pilihkan jenis pasta gigi dengan aroma dan warna yang familiar dengan si kecil. Lengkapi dengan sikat gigi yang menarik mereka. jika perlu ajak mereka saat membeli pasta gigi dan biarkan mereka memilih jenis yang mereka sukai.

Untuk faktor keamanan, ayah bunda dapat memilih jenis pasta gigi yang bebas fluoride, jika tidak menemukan di pasaran, ayah bunda dapat meminta rekomendasi jenis atau merek khusus dari dokter gigi anak.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru