09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Tips merencanakan kehamilan pasca-keguguran

KategoriKehamilan
Di lihat529 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

informasi mempersiapkan kehamilan setelah keguguran

Bunda yang pernah mengalami keguguran mungkin akan merasa cemas ketika merencanakan kehamilan kembali. Berikut adalah beberapa informasi seputar merencanakan kehamilan pasca-keguguran dan cara memperoleh kahamilan yang sehat.

Mengapa terjadi keguguran?

Keguguran, yaitu meninggalnya janin sebelum kehamilan menginjak usia 20 minggu bisa terjadi karena beberapa faktor. Penyebab paling umum adalah karena perkembangan janin yang terganggu karena faktor kelainan gen dan kromosom dari bayi. Penyebab lainnya adalah faktor kesehatan bunda. Penyakit diabetes yang tidak ditangani dengan baik dan gangguan kesehatan uterus dan serviks.

Baca juga: Apakah si kecil perlu suplemen vitamin?

Menurut data statistik sebagaiana ditampilkan di situs ejournal.litbang.depkes.go.id, di negara Indonesia, 4 persen kehamilan berakhir dengna keguguran. Namun, sebenarnya angka inibisa saja lebih tinggi karena keguguran juga sering terjadi di awal kehamilan ketika seorang wanita bahkan belum menyadari kehamilannya.

Merencanakan kehamilan setelah keguguran

Janganlah terburu-buru dan berikan waktu bagi tubuh untuk pulih pasca-keguguran. Kondisi fisik bunda setelah keguguran biasanya akan kembali pulih dalam beberapa jam hingga 2 hari. Siklus menstruasi biasanya akan kembali normal setelah 4 hingga 6 minggu.

Setelah siklus menstruasi sudah normal, bunda sudah bisa hamil kembali. Akan tetapi, perhatikan juga faktor psikis dari bunda sendiri dan pasangan sebelum merencanakan kehamilan. Sebab, pasangan yang baru kehilangan calon buah hati biasanyan mengalami perasaan kehilangan, perasaan bersalah, kemarahan, dan kesedihan yang cukup mendalam dan berpotensi memicu depresi kehamilan.

Berikut adalah panduan mengenai waktu yang direkomendasikan bagi bunda yang baru mengalami keguguran untuk merencanakan kehamilan kembali:

Baca juga: Inilah akibat si kecil kurang zat besi

1. Bila bunda mengalami satu kali keguguran, WHO merekomendasikan untuk menunggu selama 6 bulan sebelum merencanakan kehamilan lagi. Penelitian lain membuktikan bahwa bunda yang menunggu hingga 6 bulan setelah keguguran untuk hamil mengalami resiko infeksi yang lebih kecil daripada yang menunggu lebih lama. Karena itu, begitu bunda siap secara fisik dan psikis bunda tidak perlu menunda kehamilan lebih lama lagi.

2. Bila bunda pernah mengalami 2 atau lebih keguguran, hubungi profesional di bidang kesehatan sebelum merencanakan kehamilan. Tenaga kesehatan akan melakukan beberapa tes serta memberi saran medis untuk memulai kehamilan yang sehat. Tes-tes yang direkomendasikan meliputi tes darah, tes kromosomal, dan prosedur-prosedur medis lainnya.

3. Bila bunda pernah mengalami kehamilan molar, biasanya para ahli akan merekomendasikan untuk menunggu hingga 6 sampai 12 bulan sebelum merencanakan kehamilan kembali. Kehamilan molar adalah kondisi dimana plasenta berkembang secara tidak normal sehingga menjadi kista.

Tips kehamilan sehat pasca-keguguran

Tidak ada cara lain untuk memperoleh kehamilan yang sehat kecuali dengan menjaga kondisi fisik dan psikis ibu hamil tetap sehat dan terkontrol sebelum dan selama masa kehamilan. Panduan berikut mungkin bisa membantu.

Baca juga: Jus buah untuk bayi, bolehkah?

  • Jaga asupan makanan bernutrisi dan berat tubuh ideal. Lebih baik lagi bila bunda mengkonsumsi vitamin dan suplemen asam folat sejak beberapa bulan sebelum kehamilan dan selama masa kehamilan.
  • Hentikan kebiasaan merokok, mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang, serta hindari stres. Kontrol juga konsumsi makanan minuman berkafein, seperti kopi, teh, coklat, dan soft drink.
  • Setelah mengalami keguguran, bunda mungkin merasakan kekhawatiran dan perasaan kehilangan yang mendalam ketika hamil lagi. Bagilah perasaan ini kepada orang terdekat supaya perasaan bunda lebih ringan. Bila diperlukan, hubungi tenaga kesehatan atau konselor profesional.
  • Bila bunda pernah mengalami lebih dari satu kali keguguran, berkonsultasilah dengan tenaga profesional sebelum memulai kehamilan lagi. Kehamilan dalam kondisi ini membutuhkan perhatian dan perawatan yang lebih cermat.
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru