09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Tips seputar pola makan sehat pasca-persalinan

KategoriPersalinan
Di lihat2179 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

inilah pola makan sehat khusus bagi ibu yang baru melahirkan

Tubuh yang masih membutuhkan pemulihan dan perawatan setelah melahirkan si kecil membuat masa pasca-persalinan begitu melelahkan. Karenanya, bunda perlu menjaga kondisi tubuh tetap prima yang salah satu caranya adalah dengan menjaga pola makan. Pola makan yang benar bisa menyediakan energi ekstra yang dapat membantu kita melewati masa pra-persalinan. Berikut adalah beberapa tips mengatur pola makan selepas persalinan.

Tips pola makan sehat setelah melahirkan

1. Perbanyak konsumsi makanan yang pembakaran kalorinya lambat, seperti karbohidrat dan protein kompleks. Lebih baik lagi bila keduanya dikonsumsi dalam kombinasi dengan makanan lain. Makanan yang pembakaran kalorinya lambat bisa menyediakan energi dalam waktu yang lebih lama. Selain itu, pastikan nutrisi yang diasup seimbang.

Baca juga: Mengatasi bayi mendengkur secara alami

2. Kurangi konsumsi gula dan kafein. Gula dan kafein mungkin membuat bunda merasa lebih bertenaga, namun energi yang dihasilkan tidaklah bertahan lama. Karena itu, batasi konsumsi makanan dan minuman berkafein. Tidak apa-apa bila kita mengkonsumsinya sedikit, namun jangan berlebihan. Gantilah juga camilan tinggi gula dengan camilan yang lebih sehat dan berenergi, misalnya roti isi keju atau muffin gandum yang dapat menyediakan energi lebih lama.

3. Usahakan untuk makan dalam porsi kecil selama beberapa kali dalam sehari, daripada 3 porsi besar dalam sehari. Selain lebih mudah dicerna, makan dalam porsi kecil selama beberapa kali sehari mampu menyediakan cadangan energi yang lebih banyak. Konsumsi juga camilan sehat yang kaya karbohidrat dan protein kompleks.

Baca juga: 4 Penyebab diare pada bayi dan balita

4. Kesibukan mungkin membuat bunda sulit menemukan waktu untuk makan. Karena itu, simpanlah makanan sehat di tempat-tempat yang mudah dijangkau sambil berkegiatan, misalnya simpan sereal kering atau buah-buahan kering di laci kamar sehingga bunda bisa menjangkaunya setelah menyusui. Jadi, bunda tetap mendapat asupan nutrisi yang cukup walaupun sibuk merawat si kecil.

5. Pastikan bunda minum cukup air. Kurang minum dapat memicu kelelahan. Minum cukup sangat penting untuk mengganti air yang hilang ketika proses kelahiran dan akibat keringat berlebih pada masa pasca-persalinan. Selain itu, air yang cukup juga sangat penting untuk menjaga tubuh bunda tetap sehat selama menyusui. Untuk mengetahui apakah tubuh sedang kekurangan cairan, caranya cukup mudah. Amati warna urin, bila warnanya kuning keruh, berarti tubuh sedang kekurangan cairan.

Baca juga: Jenis vitamin yang sangat diperlukan si bayi

6. Jauhi minuman beralkohol. Alkohol memiliki efek tertentu yang bisa menimbulkan perasaan lemas. Bunda pastinya tidak menginginkan hal itu terjadi selama harus merawat si kecil dan menyusui, bukan? Beberapa orang mungkin merasa bahwa mengkonsumsi alkohol bisa membantu mereka untuk tidur. Akan tetapi, alkohol juga membuat kita sering terbangun di tengah malam. Hal ini bisa mengganggu kualitas istirahat bunda. Padahal, istirahat yang cukup dan berkualitas sangatlah penting untuk menjaga tubuh tetap sehat. Karena itu, singkirkan minuman beralkohol jauh-jauh selama masa pasca-persalinan.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru