09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Tips seputar tidur siang bayi bunda

KategoriPrilaku
Di lihat735 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

bayi tidur siang

Adalah lumrah bagi bayi yang baru lahir untuk menghabisakan sekitar 16 jam atau lebih untuk tidur, sekitar delapan jam diantaranya dihabiskan pada siang hari, dan sisanya malam hari. Diawal masa pasca kelahiran, si mungil akan terlelap sekitar tiga-empat jam per sesi sebelum kemudian terbangun karena lapar.

Jika sikecil tidur disiang hari, upayakan Bunda juga ikut tidur. Pola seperti ini dapat mengurangi resiko ‘kaget’ karena Bunda harus mengikuti pola tidur sikecil. Kebiasaan tidur sikecil yang berbeda dari orang dewasa akan beranjak menuju normal seiring dengan bertambahnya usia. Bunda dapat mempercepat adaptasi sikecil agar memiliki pola tidur yang teratur  dengan mengaplikasikan tips seputar tidur siang sikecil, sebagaimana dapat dibaca disini.

Seberapa sering sikecil harus tidur siang dalam sehari?

Bayi dengan usia 4 bulan sampai satu tahun biasanya akan tidur siang sebanyak dua kali dalam sehari, sekali dipagi menjelang siang dan satu kali disiang menjelang sore. Rata-rata si kecil dikelompok usia ini memerlukan waktu dua jam atau lebih per sesi untuk tidur siang.

Sikecil dengan usia sehaun keatas biasanya akan semakin banyak beraktifitas disiang hari dan mengurangi jam tidur siangnya. Balita diatas satu tahun rata-rata hanya tidur pada saat siang menjelang sore selama 2-3 jam, sedangkan waktu pagi sampai siang lebih banyak digunakan untuk beraktifitas termasuk bermain.

Perlukah mengurangi jam tidur siang sikecil?

Jawabanya tergantung dari seberapa lama sikecil tidur dimalam hari. Beberapa bayi terutama di usia 4 bulan pertama, dapat memiliki pola tidur dominan disiang hari, artinya jam tidur malam lebih pendek dari jam tidur siang. Salah satu upaya yang dapat bunda lakukan untuk menormalkan pola tidur sikecil adalah dengan cara mengurangi jam tidur siangnya.

Upayakan tidur siang sikecil tidak lebih dari tiga sampai empat jam. Semakin panjang tidur siang sikecil, semakin susah dia tertidur dimalam hari. Jika sikecil sebelumnya juga tidur waktu pagi menjelang siang, kurangi jam tidurnya secara bertahap.

Apa yang harus bunda lakukan jika sikecil menolak tidur siang?

Jika sikecil lebih memilih bermain sepanjang hari, bunda bisa menyesuaikan jam tidur malam si kecil menjadi sedikit lebih awal. Jika sikecil tidur lebih awal dia akan bangun lebih awal esok harinya. Langkah sederhana ini kadang dapat membantu sikecil tidur siang.

Membuat sikecil tidur siang bisa susah-susah gampang, kadang sikecil menolak dan lebih memilih menghabiskan waktu dengan bermain, kadang sikecil langsung terlelap setelah beberapa saat ditaruh ditempat tidurnya. Bunda harus jeli melihat tanda-tanda sikecil perlu tidur siang, bayi Bunda biasanya lebih rewel dan sensitif jika mengantuk. Membiasakan sikecil untuk mengikuti pola tidur yang teratur dengan waktu yang cukup dapat memenuhi kebutuhan istirahat sikecil setiap harinya.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru