09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Tips travelling darat, laut, dan udara bagi ibu hamil

KategoriKehamilan
Di lihat871 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

cara aman bepergian darat laut udara bagi ibu hamil

Para ahli kandungan menyatakan selama tidak ada komplikasi atau kondisi khusus yang mengharuskan ibu hamil berada dalam perawatan intensif, mereka diperbolehkan bepergian selama masa kehamilanya. Meski demikian para ahli menyatakan bahwa masa yang paling aman bagi seseorang yang sedang hamil untuk bepergian jauh adalah saat trimester kedua.

Baca juga: Perangkat pendukung perumbuhan gigi bayi

Saat trimester pertama umumnya bunda hamil mengalami morning sickness dan di trimester ketiga ibu hamil cenderung lebih cepat lelah sehingga kondisi tersebut kurang ideal untuk melakukan perjalanan jauh.

Perjalanan darat bagi ibu hamil

Secara umum bepergian dengan mobil pribadi, bus, atau kereta api dinilai aman bagi mereka yang sedang mengandung, meski demikian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar perjalananan lebih aman dan nyaman,

  1. Pastikan untuk mengenakan sabuh pengaman saat berkendara menggunakan mobil. Selempangkan sabuk pengaman lewat pertengahan dada diatas perut dan posisikan sabuk yang satunya dibawah perut untuk memaksimalkan perlindungan bunda dan si janin.
  2. Saat berkendara dengan mobil pribadi, luangkan waktu untuk rehat sejenak. Gunakan waktu rehat untuk meluruskan kaki dan berjalan kecil agar otot-otot kaki tidak kaku.
  3. Bus umumnya memiliki ruang yang terbatas sehingga cara paling aman selama berkendara dengan bus adalah tetap duduk sampai tujuan. Jika ibu hamil perlu ke toilet saat mobil berjalan, pastikan untuk berjalan secara perlahan dan berpegangan pada kursi untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Baca juga: 4 Hal penyebab anak susah makan

Ibu hamil dan perjalanan udara

Perjalanan menggunakan pesawat udara dinyatakan aman bagi ibu hamil, meski demikian beberapa saran berikut ini dapat membuat perjalanan semakin nyaman dan aman

  1. Mayoritas maskapai penerbangan masih mengijinkan ibu hamil untuk terbang hingga usia kandungan 8 bulan. Penerbangan untuk bunda dengan usia kehamilan diatas 8 bulah masih diperkenankan selama ada ijin dari dokter kandungan.
  2. Koridor dalam pesawat udara cukup sempit sehingga jika bunda bermaksud ke toilet, jalan dengan hati-hati dan pastikan untuk berpegangan pada kursi penumpang untuk menghindari ketidakseimbangan tubuh saat ada turbulensi.
  3. Sebaiknya ibu hamil memilih posisi kursi yang memudahkan saat ia mau berdiri. Posisi kursi di samping koridor yang dekat dengan kamar kecil bisa menjadi pilihan tepat.

Ibu hamil dan perjalanan laut

Tantangan terbesar saat perjalanan laut adalah mabuk perjalanan karena gerakan kapal laut cukup terasa, serta waktu. Jarak perjalanan yang cukup jauh menjadikan waktu tempuh jadi cukup lama. Berikut adalah beberapa tips agar perjalanan laut ibu hamil menjadi lebih aman dan nyaman,

Baca juga: Cara alami mengatasi susah BAB pada anak

  1. Pastikan kapal laut yang akan dinaiki memiliki tenaga medis yang stand by untuk berjaga-jaga seandainya ada kondisi darurat pada ibu hamil
  2. Jika perjalanan memakan waktu yang cukup panjang, pastikan bunda hamil membawa semua perlengkapan termasuk makanan cemilan sehat. Manfaatkan waktu selama perjalanan untuk menggerakan kaki.
  3. Jika diperlukan, siapkan obat anti mabuk yang aman bagi ibu hamil. Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan jenis obat yang tepat.
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru