09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Vitamin dan mineral yang dibutuhkan bayi bunda

KategoriBayi
Di lihat1273 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

jenis makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan si buah hati

Pada usia 0 hingga 6 bulan, selagi si kecil minum ASI, kebutuhan dirinya pasti tercukupi oleh kandungan gizi di dalamnya. Kekhawatiran mulai muncul ketika si kecil mulai makan makanan semi padat. Kini, kebutuhan si kecil harus dipenuhi tidak hanya lewat susu melainkan juga makanan semi padat. Akan menjadi lebih mudah bagi bunda untuk mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil bila mengetahui zat gizi apa saja yang dibutuhkan oleh si kecil. Uraian berikut mungkin bisa membantu.

Baca juga: Sebagai pemanis, pilih madu atau gula?

Vitamin dan mineral penting untuk si kecil

1. Zat besi. Zat besi penting untuk pembentukan hemoglobin dalam darah. Selain itu, ia juga membantu perkembangan otak, misalnya kemampuan motorik dan memori. Pastikan si kecil mendapatkan 11mg zat besi dari susu formula atau sereal. Zat besi juga terkandung secara alami dalam daging sapi, ikan, daging ayam, brokoli, bayam, alpukat, dan sebagainya.

2. Kalsium dan vitamin D. Peran kalsium dan vitamin D tidak dapat dipisahkan. Kalsium sangatlah penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi, sedangkan vitamin D berperan membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Vitamin D dan kalsium terkandung di dalam ASI maupun susu formula. Akan tetapi, bayi yang minum ASI saja biasanya sulit memenuhi kebutuhannya akan vitamin D (kira-kira 400 IU per hari). Karena itu, biasanya dokter akan menyarankan konsumsi suplemen vitamin D pada bayi yang minum ASI. Makanan yang merupakan sumber alami vitamin D tidaklah banyak jumlahnya, namun ia bisa ditemukan di yogurth, sereal, kuning telur, dan ikan.

Baca juga: Alasan kenapa anak menolak makan sayur

3. Zinc. Selain penting untuk perkembangan otak, zinc juga penting untuk pembentukan sel darah merah yang bertugas memerangi infeksi. Ia juga berperan dalam pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh. Zinc secara alami terkandung dalam daging sapi dan daging unggas, selain makanan yang telah diperkaya zinc, seperti susu formulan dan sereal.

4. Omega-3 / DHA. Bagi bayi, asam lemak omega-3 atau DHA penting bagi pertumbuhan jantung, otak, dan mata. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat kaitan antara tingkat DHA yang rendah dengan rendahnya skil kognitif anak. Disamping itu, lemak sehat seperti omega-3 dapat membantu penyerapan vitamin yang larut dalam lemak, seperti vitamin A dan E. Kebutuhan DHA biasanya bisa terpenuhi pada bayi yang minum ASI ataupun susu formula. Makanan-makanan alami yang tinggi DHA misalnya alpukat dan salmon.

Baca juga: Jenis makanan berserat tinggi untuk balita

5. Vitamin A, B, C, E. Vitamin-vitamin tersebut baik untuk perkembangan tubuh si kecil, mulai dari pertumbuhan dan fungsi otak dan mata, kulit, sistem imun, dan sebagainya. Untuk emmasukkan vitamin-vitamin tersebut dalam susun an si kecil cukup mudah, yaitu dengan memastikan si kecil makan beragam bahan makanan. Wortel dan kentang adalah sumber alami vitamin A. Sayuran hijau, kacang-kacangan, dan pisang sangatlah kaya akan vitamin B. Tomat, strawberry, dan mangga adalah buah-buahan yang kaya vitamin C. Sereal dan gandum utuh dapat menyediakan vitamin E yang dibutuhkan si kecil.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru