09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Waktu yang paling tepat untuk memandikan bayi

KategoriParenting
Di lihat34958 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

kapan sebaiknya memandikan bayi dan berapa kali sebaiknya bayi mandi dalam sehari

Bayi boleh dimandikan di waktu manapun, selama tidak bertabarakan dengan waktu tidur atau makannya. Selama ini, waktu yang dianjurkan untuk memandikan bayi adalah di pagi hari, kira-kira pada pukul 09.00 hingga 11.00. Akan tetapi beberapa ibu mungkin sangat sibuk di pagi hari sehingga memilih untuk memandikan bayinya di siang atau sore hari. Bahkan, beberapa bayi dimandikan di malam hari sebagai ritual menjelang tidur yang membuatnya bisa tidur lebih nyenyak.

Baca juga: Tips mencegah flu pada bayi dan balita

Hal ini bukanlah masalah selama bunda bisa memastikan si kecil tidak kedinginan. Yang terpenting adalah memilih waktu ketika bunda tidak sedang sibuk sehingga bisa fokus pada kegiatan memandikan bayi. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu bunda perlu menetapkan waktu tetap bagi bayi untuk mandi supaya si kecil terbiasa dengan kegiatan tersebut.

Waktu tepat memandikan bayi

Bayi yang baru lahir hingga berusia 3 bulan sangat rentan terhadap udara dingin. Karena itu, bunda sebaiknya memandikan si kecil dengan air hangat kuku di malam hari. Setelah mandi keringkan tubuh bayi benar-benar supaya ia tidak kedinginan. Ketika udara di luar sedang dingin atau hujan, memandikan bayi di malam hari tetap aman dilakukan selama bunda bisa memastikan si kecil tidak kedinginan dan bayi dimandikan di ruangan tertutup yang hangat dan tidak berangin. Akan tetapi, ada pengecualian bagi bayi yang baru lahir dan tali pusarnya belum lepas.

Bayi yang tali pusarnya belum lepas sebaiknya tidak dimandikan di di dalam bak mandi bayi, sekalipun airnya hangat. Hal ini karena tali pusarnya belum boleh terkena air. Bila tali pusar terkena air, kemungkinan terjadinya infeksi semakin besar. Untuk itu, mandikan bayi dengan cara mengusapnya dengan lap bersih yang dibasahi air hangat.

Baca juga: Waspada! zat beracun dalam botol susu bayi

Bayi mandi setelah disusui

Beberapa orang tua memandikan bayi setelah disusuiĀ  supaya si kecil merasa nyaman dan supaya waktu makannya tidak terganggu. Hal ini boleh saja dilakukan. Yang penting, beri jeda waktu antara menyusui atau memberikan si kecil susu formula dengan waktu mandi untuk menjaga supaya si kecil tidak dalam keadaan terlalu kenyang ketika dimandikan. Bila perut tertekan tanpa sengaja ketika ia sedang kenyang, ia bisa muntah.

Sangatlah penting untuk memusatkan perhatian ketika sedang memandikanĀ  si kecil. Karena itu, pilih waktu dimana bunda tidak sedang sibuk dan bisa fokus memandikan si kecil. Tidak perlu menjawab telepon dan hindari meninggalkan bayi sendirian selama beberapa waktu untuk melakukan hal lain ketika sedang memandikannya karena hal ini bisa membahayakan.

Baca juga: Tips menurunkan berat badan pasca persalinan

Barapa kali bayi harus mandi?

Lalu, berapa kali sehari sebaiknya si kecil dimandikan? Memang, idealnya bayi dimandikan dua atau tiga hari sekali untuk mencegah kulit kering. Akan tetapi, di Indonesia yang adalah negara beriklim tropis, bayi bisa dimandikan hingga 2 kali sehari. Udara di Indonesia cenderung panas dan lembab, sehingga mandi dua kali sehari bisa membuat bayi merasa lebih nyaman, terutama bila udara sedang panas.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru