09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Waspada: 5 Bahan kimia berbahaya mengancam ibu hamil

KategoriKehamilan
Di lihat2697 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

inilah bahan kimia berbahaya disekitar rumah bagi ibu hamil

Kehamilan mengharuskan ayah bunda untuk memberi perhatian ekstra baik seputar asupan nutrisi, aktivitas sehari-hari, termasuk bahan kimia aktif lingkungan sekitar. Sebisa mungkin ibu hamil harus menjauhkan diri dari hal-hal yang bisa memberi pengaruh negatif bagi kesehatan tubuh dan janin.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah keberadaan beragam zat kimia di lingkungan. Kontak dengan zat kimia berbahaya dapat mengakibatkan beberapa kondisi baik pada ibu maupun si janin termasuk bayi lahir dengan berat badan kurang, kelahiran prematur, bahkan cacat lahir (pada beberapa kasus yang jarang terjadi). Berikut adalah tips untuk menghindari zat-zat kimia berbahaya yang bisa mempengaruhi kesehatan bunda dan calon buah hati.

Baca juga: Tips mengatasi cacingan pada anak

Zat kimia berbahaya bagi ibu hamil

1. Nikotin. Jenis zat kimia ini dikaitkan dengan kehamilan ektopik (kehamilan diluar rahim), berat lahir rendah, kelahiran prematur, bahkan meningkatkan resiko kematian janin. Bayi yang lahir dengan berat badan kurang lebih rentan terhadap infeksi ketika masih kecil dan bisa menimbulkan gangguan kesehatan jangka panjang. Merokok, yang mengandung nikotin,  selama kehamilan juga meningkatkan resiko SIDS (Sudden Infant Death Syndrome). Bila bunda merokok, segera hentikan kebiasaan tersebut ketika bunda merencanakan kehamilan. Bila kehamilan terdeteksi ketika bunda masih merokok, pilihan terbaik adalah berhenti sekarang juga. Menghentikan kebiasaan merokok mungkin akan sangat sulit bagi perokok berat. Untuk itu, bunda bisa mengkonsultasikannya dengan tenaga kesehatan yang merawat bunda pada masa kehamilan.

2. Asap rokok di lingkungan sekitar. Bahaya nikotin di atas juga dapat terjadi para perokok pasif. Karenanya, bila orang-orang di sekitar bunda, misalnya keluarga atau teman merokok di dekat bunda di dalam rumah atau mobil, bunda bisa menyarankan kepada mereka untuk menghentikannya atau merokok di tempat lain. Bila bunda bekerja di dalam ruangan dimana rekan sekerja bunda merokok, jangan malu untuk menemui atasan atau bagian HRD untuk berkonsultasi.

Baca juga: 5 Jenis makanan untuk kekuatan gigi si kecil

3. Produk pembersih. Memang, baru sedikit penelitian yang menjelaskan bahaya zat kimia dalam produk-produk pembersih rumah tangga terhadap kehamilan. Namun, untuk lebih amannya pastikan bunda menggunakan produk-produk tersebut sesuai petunjuk pemakaian dalam kemasan. Bila produk yang digunakan mengandung zat kimia berat seperti pestisida, mintalah bantuan orang lain dan jangan menggunakanannya sendiri. Pada saat menggunakan produk pembersih oven atau lantai kamar mandi, selalu kenakan sarung tangan dan pastikan di ruangan yang digunakan ada ventilasi yang cukup supaya zat kimia tidak terhirup. Bila mungkin, ganti produk pembersih berbahan kimia dengan pembersih buatan rumah yang ramah lingkungan seperti cuka.

4. Bahan kimia cat. Beberapa ayah bunda terlibat sendiri dalam mendekorasi rumah menjelang kelahiran buah hati. VOCs (Volatile Organic Compounds) yang terkandung dalam produk cat modern dapat menimbulkan dampak negatif pada kehamilan. Karenanya, gunakan produk cat yang memiliki label low-VOCs atau zero-VOCs, atau gunakan cat akrilik yang mengandung lebih sedikit VOCs dibanding cat berbahan dasar minyak. Bila perlu, jauhi ruangan yang sedang didekorasi ulang untuk sementara waktu dan minta bantuan orang lain untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.

Baca juga: Info penting seputar eksim pada anak

5. Emisi bahan bakar. Beberapa penelitian menemukan bahwa emisi bahan bakar fosil berupa karbon monoksida memiliki dampak negatif terhadap kehamilan, bahkan berkaitan dengan meningkatnya resiko kematian janin. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menguatkan kesimpulan tersebut.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru