09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Waspada: 6 Hal penyebab kehamilan beresiko tinggi

KategoriKehamilan
Di lihat1360 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

hal apa sajakah yang membuat kehamilan menjadi beresiko tinggi?

Kehamilan yang dikategorikan beresiko tinggi umumnya membutuhkan perhatian dan pemeriksaan lebih intensif. Hal ini tentu saja dilakukan untuk memastikan keselamatan bunda dan janin. Sangat penting bagi bunda dan pasangan untuk memahami kondisi yang dihadapi agar selalu waspada dan selalu sigap dengan berbagai kondisi. Apa saja yang menjadikan kehamilan seorang dikategorikan beresiko? Berikut ulasan singkatnya:

Baca juga: Manfaat hebat jangung manis untuk si kecil

Penyebab kehamilan beresiko tinggi

Dalam beberapa kasus, kehamilan beresiko tinggi disebabkan oleh kondisi medis tertentu yang terjadi sebelum masa kehamilan. Sebagian lain disebabkan oleh kondisi yang terjadi selama masa kehamilan. Kondisi ini dapat membahayakan ibu hamil dan si janin, jika tidak ditangani secara tepat. Berikut adalah hal lain yang menyebabkan kehamilan menjadi beresiko tinggi:

1. Riwayat medis. Ibu hamil yang sebelumnya mengalami operasi sesar, mengalami kelahiran prematur, atau berat badan si kecil jauh dibawah angka normal, dikategorikan sebagai kehamilan beresiko tinggi. Termasuk dalam kelompok ini adalah ibu hamil dengan riwayat keluarga yang mengidap kelainan genetik, serta riwayat kematian janin saat melahirkan.

2. Usia. Ibu yang hamil diusia 35 tahun keatas dikategorikan sebagai kehamilan dengan resiko tinggi (resting)

3. Gaya hidup. Pilihan gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, minum minuman beralkohol, mengkonsumsi kafein dalam jumlah tinggi, atau penggunaan narkoba, menjadikan seseorang berada pada resiko tinggi saat ia mengandung.

4. Kondisi medis. Ibu hamil yang memiliki diabetes, tekanan darah tinggi, dan epilepsi dapat meningkatkan resiko selama proses kehamilan. Termasuk juga diantaranya adalah anemia, atau gangguan mental.

Baca juga: Tips memilih susu untuk anak diatas 1 tahun

5. Komplikasi kehamilan. Gangguan kesehatan yang terjadi pada rahim, plasenta, leher rahim, atau kondisi morning sickness akut, membuat seorang berada dalam kondisi kehamilan beresiko. Kondisi lainya dapat berupa terlalu banyak atau terlalu sedikit cairan ketuban, atau rhesus.

6. Kehamilan kembar. Para ahli kandungan mengolongkan kondisi ini sebagai kehamilan yang harus mendapatkan perhatian lebih. Resiko gangguan kehamilan juga terjadi saat masa kehamilan melewati batas proyeksi kelahiran.

Tips kehamilan sehat

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan ibu hamil untuk menjaga kandungannya tetap sehat dan aman.

1. Periksakan kandungan secara rutin. Setiap kali kunjungan ke dokter kandungan atau bidan, biasannya bunda akan mendapatkan pemeriksaan berat badan, tekanan darah, serta kondisi si janin. Dokter akan menggunakan alaat USG untuk memonitor perkembangan si buah hati. Mereka juga akan merekomendasikan suplemen vitamin dan mineral pendukung kehamilan jika memang diperlukan.

2. Makan makanan sehat. Selama kehamilan bunda memerlukan kalori lebih banyak, bunda juga memerlukan unsur kalsium, zat besi, folat, dan nutrisi penting lainya untuk mendukung pertumbuhan optimal si janin. Jika ibu hamil mengalami kondisi medis tertentu seperti diabetes, konsultasikan dengan dokter perihal menu harian yang harus bunda konsumsi.

Baca juga: 5 Jenis makanan sumber omega-3

3. Jauhi hal yang membahayakan kandungan. Hindari asap rokok, minuman beralkohol, dan batasi konsumsi kafein. Beberapa penelitian menghubungkan konsumsi kafein dalam jumlah tinggi dengan kelahiran prematur dan kematian janin saat melahirkan. Berhati-hati dalam hal konsumsi obat, sangat bijak jika selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum ibu hamil mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru