09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Waspada: 6 Kesalahan pemberian obat pada anak

KategoriPerangkat
Di lihat615 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

waspada resiko salah pemberian obat pada anak berikut ini

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Pediatrics menemukan bahwa di Amerika Serikat setiap 8 menit sekali terjadi kesalahan pemberian obat atau kesalahan dosis obat-obatan yang dikonsumsi anak-anak. Lebih dari seperempat kasus-kasus tersebut terjadi pada balita berusia di bawah 1 tahun (www.todaysparent.com).

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa semakin kecil usia anak, kesalahan dalam pemberian obat-obatan cenderung lebih mudah terjadi. Berikut adalah 5 kesalahan dalam pemberian obat-obatan kepada anak-anak oleh para orang tua.

Baca juga: Tips mengatasi ketakutan berlebih si kecil

1. Pemberian dosis yang salah

Pemberian obat-obatan seharusnya dilakukan berdasarkan resep dokter atau dosis yan g tercantum dalam kemasan obat. Aturan dosis berdasarkan berat badan anak-anak lebih akurat daripada dosis yang ditentukan berdasarkan usia. Dosis yang ditentukan dari usia anak biasanya dibuat berdasarkan perkiraan berat badan mereka pada usia tertentu.

Agar lebih akurat, perhatikan dosis pemberian obat dalam mililiter, bukan dari ukuran berapa sendok teh atau sendok makan. Kita bisa menggunakan jarum suntik atau cup dengan ukuran khusus untuk obat-obatan untuk melalukannya.

2. Pengulangan pemberian obat

Masalah satu ini sering terjadi pada bayi yang belum bisa bicara karena mereka belum bisa memberi tahu bunda bahwa mereka sudah minum obat atau belum. Untuk lebih amannya, pasang alarm di handphone untuk setiap waktu pemberian obat kepada si kecil.

Alternatifnya, buat catatan pada kemasan obat atau papan besar di dapur tentang waktu-waktu rutin pemberian obat sehingga bunda tidak perlu bingung mengingat-ingat apakah si kecil sudah minum obat atau belum. Pastikan pengasuh anak dan petugas daycare memiliki catatan yang sama, supaya mereka bisa memberikan si kecil obat pada waktunya.

Baca juga: 4 Penyebab si kecil susah makan

3. Memberikan obat dalam jarak yang terlalu dekat

Untuk menghindarinya, pastikan kita mengikuti aturan pakai yang diberikan dokter, termasuk jarak antar pemberian obat. Jangan emmaksa memberikan obat dalam jarak yang terlalu dekat. Jangan pula mengganti-ganti obat yang sedang digunakan karena zat kimia dalam setiap obat bisa berbeda dan ini dapat menimbulkan overdosis obat-obatan.

4. Bingung tentang skala takaran obat

Skala ukuran obat pada resep dokter dan pada label yang diberikan oleh apoteker mungkin berbeda. Hal ini bukanlah masalah. Ukuran pada resep dokter adalah ukuran yang dimengerti oleh dokter dan apoteker, sedangkan ukuran pada catatan apoteker adalah ukuran yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa yang dimengerti oleh masyarakat.

Apoteker mungkin harus menerjemahkan satu skala ukuran tertentu ke skala ukuran yang lain, misalnya miligram ke mililiter ketika meracik obat-obatan. Karena itu, jangan terpaku pada skala ukuran yang ditulis dokter di resep dan biasakan untuk bertanya kepada apoteker bila kita tidak yakin akan dosis pemberian obat-obatan.

5. Pemberian obat yang salah

Pastikan bunda memeriksa jenis obat yang tertera pada kemasan sebelum diberikan kepada si kecil. Hal ini untuk memastikan apakah obat tersebut cocok dengan gejala penyakit si kecil dan memang diperuntukkan bagi anak seusianya. Karena itu, jangan membuang kemasan dan label obat, menyimpan obat-obatan dalam wadah lain selain kemasannya, atau mencampur lebih dari satu obat dalam satu kemasan.

Baca juga: Tips menumbuhkan balita cerdas

Biasakan juga memeriksa tanggal kadaluarsa obat-obatan yang terdapat pada tempat penyimpanan obat di rumah secara teratur dan berkonsultasilah kepada apoteker bila bunda tidak yakin tentangnya.

6. Memberi obat di tempat yang salah

Obat-obatan bisa diberikan di berbagai bagian tubuh, baik melalui mulut, mata, kulit, telinga, dan sebagainya. Karena itu, periksa aturan pakai pada kemasan atau label obat-obatan dengan seksama sebelum digunakan.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru