09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Waspada: Bahaya overdosis multivitamin pada ibu hamil

KategoriKehamilan
Di lihat901 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

hati-hati kelebihan konsumsi suplemen vitamin dan mineral saat hamil

Vitamin dan mineral termasuk zat besi, kalsium, zinc, yodium, dan asam folat sangat vital bagi pertumbuhan optimal si janin. Untuk memastikan angka kecukupan vitamin dan mineral bagi bunda dan si janin, sangat penting bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi jenis makanan sehat dengan porsi cukup dan jenis seimbang serta olahraga rutin sebelum dan saat masa kehamilan.

Perlu diketahui bahwa suplemen multivitamin yang direkomendasikan dokter bukan untuk menggantikan vitamin dari makanan melainkan hanya sebagai pelengkap. Pastikan pula bunda hamil mengikuti dosis yang disarankan dokter karena konsumsi berlebih dapat menimbulkan gejala overdosis yang cukup berbahaya baik bagi bunda maupun bagi janin.

Baca juga: 7 Cara menumbuhkan kemandirian si kecil

Sumber vitamin dan mineral untuk ibu hamil

Secara alami, vitamin dan mineral terdapat dalam berbagai jenis sayuran, daging, biji-bijian, dan buah-buahan, dan air. Selama ayah bunda mengkonsumsi makanan tersebut dalam jumlah cukup dan berimbang, kebutuhan vitamin dan mineral dapat terpenuhi, dan selama sumbernya berasal dari makanan sehat, siapapun tidak perlu khawatir dengan overdosis vitamin dan mineral.

Sumber alternatif vitamin dan mineral adalah suplemen multivitamin. Berbeda dengan produk alami, mereka, termasuk ibu hamil yang mengkonsumsi multivitamin wajib mengikuti dosis yang disarankan. Suplemen multivitamin dibuat dengan konsentrasi yang cukup tinggi sehingga kelebihan konsumsi berpotensi menimbulkan gejala overdosis.

Rekomendasi multivitamin kehamilan

Saat seorang ibu mengalami kehamilan, angka kebutuhan akan asupan nutrisi termasuk beragam vitamin dan mineral seperti asam folat, zat besi, kalsium mengalami peningkatan, dan hal ini disebabkan karena bunda juga harus mensuplai vitamin yang diperlukan si janin. Pastikan agar bunda mengikuti aturan penggunaan yang tercantum dalam label kemasan atau menurut dosis yang diresepkan dokter.

Baca juga: Cara mengatasi balita yang susah diatur

Upayakan untuk memilih jenis multivitamin yang mengandung beragam nutrient dalam satu dosis daripada menggabungkan beberapa jenis suplemen karena beresiko menimbulkan overdosis pada jenis vitamin tertentu.

Akibat oversosis vitamin

Vitamin dan mineral diperlukan tubuh dalam jumlah tertentu, saat tubuh mendapat asupan berlebih, maka kelebihanya akan langsung dibuang keluar tubuh, namun sebagian lagi dapat memicu gejala overdosis.

Misalnya kelebihan konsumsi vitamin C atau unsur zinc dapat memicu gejala diare, lemah, sakit perut, sementara terlalu banyak asupan selenium menyebabkan kerontokan rambut, keletihan, dan kerusakan jaringan syaraf.

Kelebihan konsumsi vitamin A dapat menyebabkan gejala keracunan yang umumnya ditandai dengan gejala sakit kepala, sakit dibagian perut, mual, muntah, gangguan kesadaran, dan gangguan pada penglihatan. Pada kondisi khusus, gejala lain yang nampak dapat berupa rasa sakit pada tulang.

Baca juga: 5 Tips melesatkan kemampuan gerak tangan si buah hati

Kelebihan konsumsi vitamin D dapat memicu munculnya gejala muntah, dehidrasi, sembelit, dan tekanan darah tinggi. Menurut situs doctor.co.uk, dalam beberapa penelitian, kelebihan konsumsi vitamin D dikaitkan sebagai pemicu depresi. Pada anak-anak overdosis vitamin D dapat memicu gangguan pada enamel gigi.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru