09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Waspada gejala Cystic Fibrosis pada anak bayi

KategoriBayi
Di lihat1064 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

hati-hati gejala kelainan genetis cyctic fibrosis pada bayi

Para ahli mengkategorikan Cystic Fibrosis sebagai kondisi berbahaya yang dapat mengancam jiwa si kecil. Secara medis diketahui kondisi ini disebabkan oleh kelainan genetic yang berdampak pada ketidak normalan tubuh dalam meregulasi kadar garam (NaCl) didalam sel tubuh bayi. Mereka yang mengalami kelainan ini umumnya mengalami produksi lendir berlebih khususnya dibagian organ pernafasan sehingga berpotensi mengganggu kinerja paru-paru.

Baca juga: Manfaat sehat menyusui bagi bunda

Keberadaan lendir didaerah paru-paru dapat menjadi media pertumbuhan bakteri, yang pada akhirnya berpotensi menyebabkan kerusakan organ paru karena infeksi bakteri. Bayi yang mengalami kondisi ini umumnya mengalami gangguan pencernaan yang mengakibatkan gangguan pertumbuhan fisik.

Gejala cystic fibrosis pada bayi

15-20 Persen dari bayi yang terlahir dengan kelainan genetis ini menampakan kondisi yang disebut dengan meconium ileus, yaitu penyumbatan pada organ usus kecil yang disebabkan oleh meconium, gumpalan berwarna hijau yang keluar sebagai puup si kecil paska kelahiran. Meconium juga dapat menyumbat bagian usus besar, menyebabkan si kecil tidak puup selama 1-2 hari setelah kelahiran.

Beberapa bayi yang mengalami kondisi ini menunjukan gejala kesulitan bernafas dan tidak menunjukan kenaikan berat badan yang signifikan selama 4-6 bulan pertama. Beberapa bayi dengan kasus CF mengalami batuk berkepanjangan dan nafas berbunyi seperti mengi.

Baca juga: ASI menurunkan resiko alergi pada bayi

Diperlukan pemeriksaan dokter untuk mengidentifikasi apakah batuk si kecil berkaitan dengan kelainan cystic fibrosis atau bukan. Batuk pada bayi dapat dikaitkan dengan berbagai kondisi medis seperti bronchiolitis, asma, pneumonia, atau alergi. Penyakit dan kelainan tersebut mudah ditemui pada bayi dibanding CF.

Penanganan cystic fibrosis

Karena kondisi ini disebabkan oleh kelainan genetik maka cyctic fibrosis tidak bisa disembuhkan, namun ada beberapa penanganan medis yang dapat dilakukan agar dapat tumbuh layaknya anak normal. Semakin cepat kondisi ini diketahui, akan semakin bagus pengendalianya. Oleh karenanya saat orang tua menemukan gejala-gejala yang mirip dengan kondisi ini, segera temui dokter agar si kecil mendapat pemeriksaan dan penanganan medis lanjut.

Bayi yang mengalami CF, harus mendapat vaksinasi secara rutin khususnya vaksin Hib, pertussis, dan vaksin flu. Anak-anak yang mengidap kelainan genetik ini umumnya akan mendapatkan beberapa obat degan tujuan mengencerkan lendir didaerah paru-paru, serta antibiotik bagi mereka yang terinfeksi bakteri. Obat-obat yang berfungsi meredakan peradangan paru juga sering diberikan untuk mencegah kerusakan fatal pada organ paru-paru.

Baca juga: 6 Tips melindungi balita dari sinar UV

Hingga saat ini riset-riset seputar pengobatan CF masih berlanjut. Para ilmuwan sedang mengembangkan cara paling efektif dalam mengelola cystic fibrosis termasuk terapi gen, mengembangkan obat yang membantu proses regulasi garam dalam sel tubuh si kecil, dan berbagai obat baru yang dapat mencegah terjadinya infeksi pada paru-paru.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru