09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Waspada: Gejala dan penyebab kehamilan diluar rahim

KategoriKehamilan
Di lihat2603 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

kenapa seseorang bisa mengalami kehamilan diluar rahim?

Sel telur yang sudah matang akan dibuahi oleh sperma kemudian akan menuju rahim sampai ia menjadi janin yang siap dilahirkan. Terkadang sel telur yang sudah dibuahi menempel dan tumbuh diluar rahim. Secara medis kondisi ini dikenal dengan sebutan kehamilan etopik. Sampai saat ini belum ada teknologi kedokteran yang dapat memindahkan embrio kedalam rahin, sehingga mengahiri kehamilan menjadi solusi final untuk saat ini.

Kehamilan diluar rahim dapat terjadi pada siapa saja, menurut data statistik, di Amerika, 1 dari 50 ibu hamil mengalami kehamilan diluar rahim. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini dapat membahayakan ibu, sehingga deteksi dan penanganan sedini mungkin wajib dilakukan.

Baca juga: Tips agar bayi bisa segera bicara

Proses terjadinya kehamilan diluar rahim

Setelah mengalami pembuahan, sel telur akan menuju rahim melalui tuba fallopi, yaitu saluran yang menghubungkan indung telur dengan rahim, jika saluran ini mengalami penyumbatan atau kerusakan, maka sel telur tidak bisa menuju rahim. Akibatnya embrio akan tumbuh dimana ia berhenti. Dalam kasus lain embrio dapat tumbuh dibagian indung telur, mulut rahim, atau bahkan dibagian bekas luka operasi caesar.

Jika kehamilan etopik yang terjadi disaluran fallopi tidak segera ditangani, embrio akan membesar dan mengakibatkan pecahnya saluran fallopi. Hal ini dapat menyebabkan sakit hebat dibagian perut dan pendarahan. Jika pendarahan yang terjadi cukup besar, hal ini dapat mengancam keselamatan ibu.

Faktor resiko kehamilan diluar rahim

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, kehamilan etopik dapat terjadi pada siapa saja, namun beberapa orang dengan kondisi tertentu dinilai memiliki resiko lebih tinggi, termasuk diantaranya:

1. Tindakan operasi pada saluran fallopi. Beberapa tindakan operasi misalnya saat saluran fallopi mengalami masalah dan dokter melakukan operasi untuk mengatasinya, atau mengembalikan fungsi reproduksi setelah menjalani oprasis terilisasi.

2. Pernah mengalami kehamilan etopik sebelumnya. Seorang yang pernah mengalami kondisi ini memiliki resiko lebih besar untuk mengalami kondisi serupa saat program kehamilan berikutnya.

Baca juga: Panduan menyusui khusus bayi prematur

3. Infeksi dibagian saluran reproduksi. Beberapa jenis penyakit yang umumnya disebarkan melalui aktivitas seksual seperti gonorrhea atau chlamydia dan menyerang bagian organ reproduksi akan meningkatkan resiko seseorang mengalami kehamilan etopik.

4. Masalah kesuburan. Mereka yang sebelumnya tidak bisa hamil karena mengalami masalah dibagian saluran fallopi, saat melakukan tindakan medis dan berhasil hamil, mereka memiliki resiko lebih besar untuk mengalami kehamilan diluar rahim bila dibanding dengan wanita lain.

5. Wanita yang hamil diatas usia 35 tahun dinilai memiliki resiko lebih tinggi terhadap kehamilan etopik. Hal ini disebabkan adanya pengaruh usia terhadap kinerja dan kualitas saluran fallopi pada wanita usia reproduksi

Gejala kehamilan diluar rahim

Gejala yang muncul saat seseorang mengalami kehamilan etopik dapat berbeda-beda. Umumnya gejala akut mulai nampak saat saluran fallopi mengalami kerusakan akibat pertumbuhan embrio. Dalam beberapa kasus, wanita yang mengalami kehamilan etopik mengeluhkan sakit dibagian perut. Sebagai tindakan berjaga-jaga, ibu hamil disarankan segera menghubungi dokter bila:

Baca juga: Mengatasi rambut pitak pada bayi

  1. Pendarahan setelah diketahui positif hamil. Darah yang keluar bisa berwarna merah atau kecoklatan.
  2. Sakit dibagian bahu. Terutama saat berbaring adalah salah satu tanda kehamilan diluar rahim yang harus diwaspadai.
  3. Saat saluran fallopi pecah karena kehamilan etopik, ibu akan mengalami detak jantung meningkat, tampak pucat, pusing, dan lemas.
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru