09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Waspadai gejala overdosis acetaminophen pada balita bunda

KategoriParenting
Di lihat2611 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tanda si kecil keracunan acetaminophen atau paracetamol

Acetaminophen atau dikenal juga dengan sebutan paracetamol adalah obat yang umum diberikan pada orang dewasa maupun anak-anak untuk meredakan demam dan rasa sakit. Dipasaran acetaminophen biasanya ditambahkan sebagai komponen dari obat flu dan pilek, meski ada pula yang memang dihususkan sebagai penurun panas. Panadol, Pamol, dan Tempra adalah beberapa merek komersil dari acetaminophen di Indonesia.

Karena dapat diperoleh tanpa resep dokter, banyak orang tua menganggap paracetamol atau acetaminophen adalah obat yang aman dan biasa diberikan kapan saja saat si kecil mengalami demam. Ayah bunda harus waspada, karena ini adalah obat kimia, sehingga pemberianya harus mengikuti dosis anjuran. Pemberian berlebih dari jenis obat tersebut dapat mengakibatkan gejala keracunan obat. Dalam jangka panjang, penyalahgunaan acetaminophen dapat berakibat pada kerusakan permanen dari organ hati dan kematian.\

Baca juga: 5 Manfaat madu bagi balita bunda

Bagaimana si kecil bisa overdosis acetaminophen?

1. Dosis dobel. Mungkin karena ayah bunda terburu-buru memberikan sirup acetaminophen padahal sudah diberikan sebelumnya oleh Ayah. Tidak ada salahnya bagi ayah dan bunda untuk berkoordinasi sebelum memberikan obat si kecil. Baca dengan cermat jumlah dosis yang akan diberikan, sesuaikan dengan usia si buah hati.

2. Menggabungkan obat. Kecuali atas saran dokter, mencampur dua jenis atau lebih obat dengan acetaminophen adalah ide yang berbahaya. Komponen-komponen obat dapat saling bereaksi dan dapat membahayakan si kecil. Perlu diketahui sebelumnya bahwa para ahli tumbuh kembang anak tidak merekomendasikan pemberian obat batuk pilek bagi si kecil yang berusia kurang dari 2 tahun, kecuali dibawah pengawasan dokter anak.

Baca juga: 3 Jenis makanan pemicu gigi keropos

3. Salah resep. Obat untuk anak berbeda dengan obat untuk dewasa jadi saat ayah bunda akan memberikan si kecil obat penurun panas, jangan berikan obat untuk orang dewasa karena meski jenis obatnya sama, dosis yang terkandung pada kedua nya dapat berbeda jauh.

4. Anggapan lebih banyak lebih baik. Ini tidak berlaku dalam hal pemberian obat. Ayah bunda harus tegas dalam mengikuti dosis yang diberikan dokter atau yang tercantum pada kemasan acetaminophen. Ingat memberikan paracetamol yang melebihi dosis normal dapat memicu gejala keracunan obat.

5. Terminum tanpa sengaja. Biasanya acetaminophen khusus anak diformulasikan dengan aroma dan rasa yang cocok di lidah si kecil. Hal ini harus diwaspadai, simpan obat di tempat yang jauh dari jangkauan si kecil. Sering kali keracunan terjadi saat si kecil menganggap obat sebagai jus atau peremen.

Gejala umum keracunan acetaminophen dan cara menanganinya

Umumnya gejala overdosis dapat muncul sekitar 12 jam setelah mengkonsumsi obat. Beberapa gejala keracunan yang dapat nampak saat si kecil mengalami overdosis acetaminophen diantaranya adalah mual, muntah, diare, perut sakit, kulit dan mata menjadi kuning, berkeringat, nafsu makan menurun, dan cenderung lebih rewel dari biasanya.

Baca juga: 6 Langkah agar si kecil suka sayur

Jika ayah bunda menduga si kecil mengalami keracunan obat, beri minum segelas susu kemudian segera bawa si kecil ke rumah sakit terdekat untuk mendapat penanganan medis. Sebagian besar kasus yang melibatkan keracunan acetaminophen dapat disembuhkan. Kasus kematian biasanya terjadi saat overdosis terjadi dalam jangka panjang dan saat kerusakan pada organ hati si kecil tidak ditangani dengan segera.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru