09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Waspada : Tanda-tanda si kecil menelan benda asing

KategoriParenting
Di lihat6105 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Menangani si kecil yang menelan benda asing

Anak usia  dibawah 3 tahun memiliki kecenderungan memasukan tangan serta benda-benda yang dapat ia raih kedalam mulutnya, hal ini berbahaya terutama saat lepas dari perhatian ayah bunda sebab si kecil dapat menelan benda-benda tersebut. Saat benda asing masuk kedalam mulut dan tertelan, benda tersebut dapat masuk kedalam saluran pencernaan kemudian dikeluarkan bersama kotoran atau dapat pula tersangkut dalam ternggorokan atau saluran pencernaan. Jenis benda-benda tertentu dapat menimbulkan luka pada organ dalam si kecil.

Baca juga: Tanda si kecil mengidap cacingan

Benda-benda yang umumnya tertelan si kecil biasanya berupa benda kecil disekitar rumah seperti koin, kancing baju, penitik, kerikil, skrup, batre kancing, kelereng, bagian kecil dari mainan, dan barang lainya. Jenis makanan keras seperti apel, melon, pear, dan kacang-kacangan juga dapat menyebabkan tersedak karena si kecil belum bisa mengunyah makanan dengan sempurna.

Tanda-tanda si kecil menelan benda asing

Tanda-tanda saat si kecil menelan benda keras biasanya cukup sulit untuk diamati kecuali mereka menelan benda yang cukup besar. Saat benda asing yang tertelan menghambat saluran tenggorokan gejala umum yang dapat diamati biasanya berupa tersedak, susah bernafas, dan batuk.

Benda-benda kecil yang tertelan akan masuk kedalam saluran pencernaan dan umumnya tidak menimbulkan gejala langsung. Saat tubuh si kecil mengalami kesulitan untuk mengeluarkan benda asing dari saluran pencernaanya misalnya karena tersangkut dibagian usus atau mulut lambung maka gejala yang mungkin muncul dapat berupa muntah, sakit pada bagian dada atau perut, menolak makan, demam, dan bayak meneteskan air liur.

Baca juga: Gejala overdosis parasetamol pada balita

Benda asing yang tertelan dan tidak segera dikeluarkan dapat menimbulkan infeksi terutama jika benda tersebut kotor. Penyakit yang dapat ditimbulkan oleh kondisi tersebut diataranya adalah pneumonia yang umumnya menimbulkan gejala sakit pada bagian dada, nafas berbunyi secara tidak normal, batuk berdahak, dan demam.

Bagaimana dokter mendiagnosis dugaan benda asing yang tertelan?

Tindakan yang paling umum untuk memastikan dugaan adanya benda asing yang tertelan yaitu melalui rontgen. Jika gejala tampak berupa kesulitan bernafas, dokter mungkin akan mengamatinya dengan bantuan alat bronchoscopy untuk melihat saluran pernafasan bagian dalam secara langsung.

Menangani si kecil yang menelan benda asing

Penanganan si kecil yang secara tak sengaja menelan benda asing akan disesuaikan penyebab dan konsisi mereka. Saat gejala-gejala umum tersedak tak nampak, dokter biasanya akan meminta ayah bunda untuk menunggu sambil mengamati si kecil. Benda asing yang tertelan biasanya dapat dikeluarkan melalui kotoran setelah beberapa hari.

Baca juga: 3 Jenis makanan & minuman memicu gigi keropos pada balita

Pertolongan pertama saat mereka tersedak akibat menelan benda asing dapat dilakukan dengan menepuk bagian punggung atau melakukan gerakan ‘Heimlich maneuver’. Untuk melakukan ‘Heimlich maneuver’, posisikan bunda di belakang si kecil sambil berdiri diatas lutut, lingkarkan kedua tangan pada bagian pinggang tepat diatas perut pada pertengahan pusar dan ujung tulang iga, kemudian hentakan tanganke arah atas sambil menarik tubuh si kecil ke belakang.

pertolongan_pertama_saat_balita_tersedak

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru