09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Waspada: Tanda yang nampak saat bayi terserang flu

KategoriBayi
Di lihat9848 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips merawat bayi yang terkena flu

Flu atau influenza adalah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh serangan virus dan berdampak pada organ pernafasan termasuk hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Siapa saja bisa terjangkit penyakit ini terlebih bayi, anak-anak, dan mereka yang mengalami gangguan kekebalan tubuh. Bagi bayi dan anak-anak flu bisa berbahaya apalasi jika sampai menimbulkan komplikasi. Di Amerika, setiap tahunya sekitar 20.000 anak dengan usia dibawah 5 tahun masuk rumah sakit akibat komplikasi flu.

Baca juga: Mengatasi susah BAB pada anak

Gejala flu pada anak

Gejala awal flu terutama pada bayi dan anak-anak agak sukar dideteksi, namun jika dirumah ada yang mengidap flu, kemudian si kecil menunjukan gejala-gejala berikut ini, besar kemungkinan mereka juga terinfeksi virus flu.

  • Mengalami demam secara tiba-tiba, biasanya suhu tubuh akan mencapai 38.3o Celcius
  • Munculnya tanda gangguan pada organ pernafasan, misalnya hidung meler serta batuk kering.

Jika hidung tersumbat atau batuk muncul sebelum demam, besar kemungkinan si kecil bukan mengidap flu melainkan pilek. Si kecil yang terserang virus flu umumnya jadi lebih rewel, nafsu makan menurun, dan terkadang disertai dengan diare dan muntah, meski sangat jarang terjadi.

Penanganan si kecil yang terkena flu

Jika si kecil berusia dibawah 5 tahun dan ia memiliki gangguan medis lain seperti diabetes, asma, atau gangguan system syaraf, segera temui dokter. Anak-anak yang mengidap gangguan medis tersebut memiliki resiko komplikasi flu lebih tinggi dibanding anak lainya.

Baca juga: Waspada: Gejala overdosis acetaminophen

Untuk anak diatas usia 5 tahun dan ia tidak mengidap kondisi medis sebagaimana sebutkan sebelumnya, ayah bunda dapat merawat si kecil dirumah atau menemui dokter jika dirasa diperlukan. Pastikan si kecil mendapat cukup cairan dan istirahat.

Tips agar si kecil yang terkena flu lebih nyaman

Umumnya si buah hati akan kembali ceria setelah 3 sampai 5 hari. Demamnya akan mulai turun dan ia kembali mau makan seperti sedia kala. Harap diingat jangka waktu si buah hati terkena penyakit dappat berbeda-beda, sebagian anak-anak termasuk dewasa dapat mengalami batuk selama 2 pekan atau lebih. Untuk meredakan gejala sakit otot dan demam, ayah bunda dapat memberikan acetaminophen atau ibuprofen.

Saat kunjungan kedokter, jangan berharap dokter meresepkan antibiotik, flu disebankan oleh virus dan tidak akan mempan dengan antibiotik. Dokter baru akan meresepkan jenis obat ini saat si kecil mengalami penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri seperti pneumonia, bronchitis, atau infeksi telinga bagian dalam sebagai komplikasi flu.

Kapan harus menghubungi dokter?

Baca juga: Tips agar anak mau makan sayur

Segera hubungi dokter jika:

  • Si kecil berusia dibawah 3 bulan dan mengalami demam dengan suhu badan mencapai 38o Celcius atau lebih.
  • Si kecil berusia antara 3 sampai 6 bulan dan mengalami demam dengan suhu badan mencapai 38.3o Celsius atau lebih
  • Si kecil berusia diatas 6 bulan mengalami demam dengan suhu badan 39.4o Celsius atau lebih
  • Menampakan tanda-tanda dehidrasi seperti lemas, bibir kering, dan nampak pucat
  • Menunjukan gejala susah bernafas, dan mengeluarkan bunyi khas saat bernafas
  • Nampak mengalami sakit dibagian telinga. Pada bayi hal ini sering ditandai dengan upaya tangan mereka yang menarik-narik daun telinganya
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru