09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Waspadai bahaya si jamur bagi kesehatan buah hati ayah bunda

KategoriKesehatan
Di lihat4867 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

menghindari bahaya jamur pada anak balita

Jamur yang dimaksud disini bukan jamur penyebab penyakit panu pada kulit melainkan jamur yang tumbuh di daerah lembab pada bagian rumah seperti lemari lembab yang terbuat dari bahan kayu, dinding tembok yang terkena rembesan air, bahkan roti yang sudah kadaluarsa. Jamur-jamur tersebut biasanya memiliki  warna beragam dari putih, kehijauan, sampai hitam.

Bagi kebanyakan orang, jamur jenis ini tidak terlalu berbahaya kecuali yang ada pada makanan kadaluarsa. Namun bagi mereka yang sensitif atau memiliki alergi yang dipicu jamur, kehadiran mahluk tersebut dapat merepotkan karena dapat memicu reaksi alergi. Jenis alergi yang dipicu jamur tak hanya meyerang orang dewasa, anak bahkan bayi, dapat mengalami kasus tersebut.

(Baca juga: Kenali 6 zat aditif yang umum terdapat pada jajanan si kecil)

Gejala alergi yang dipicu jamur

Gejala yang sering tampak pada mereka yang mengalami alergi jamur biasanya bersin-bersin, batuk, hidung meler, sesak nafas, mata merah dan berair, serta iritasi pada bagian kulit. Spora pada jamur juga dapat memicu serangan asma, khususnya bagi mereka yang memiliki penyakit asma yang dipicu spora jamur.

Beberapa jenis jamur dapat memicu munculnya reaksi iritasi dibagian kulit, saluran pernafasan, dan mata, meski mereka sebenarnya tidak memiliki alergi terhadap jamur. Racun yang dihasilkan jamur atau yang biasa disebut dengan ‘mycotoxin’ disinyalir menjadi pemicunya.

Dalam beberapa kasus, ada  orang yang mengalami gejala sulit bernafas ketika ter-ekspos spora jamur, meski mereka tidak mengidap penyakit asma. Si kecil yang mengalami gangguan kekebalan tubuh atau mereka yang mengalami serangan penyakit paru akut, kontak dengan jamur berserta sporanya dapat memicu infeksi serius terutama dibagian paru-paru.

(Baca juga: 5 Hal penting jika si kecil alergi makanan)

Menghindari efek negatif si jamur

Pastikan rumah dan lingkungan bersih, terpapar sinar matahari yang cukup, dan memiliki sistem sirkulasi udara yang baik. Hindari tempat tinggal yang berdinding lembab atau kurang pencahayaan sinar matahari karena tempat tersebut biasanya disukai si jamur sebagai tempat berbiaknya. Keringkan segera jika bagian dari perabot rumah yang terbuat dari kayu, kertas, atau kain terkena percikan air.

Buang makanan yang berjamur kedalam plastik tertutup agar sporanya tidak menyebar dan menjangkiti makanan disekitarnya. Lemari es dapat juga menjadi tempat yang disukai jamur terutama jika mengalami gangguan di bagian pendinginya sehingga lemari es tidak dingin sebagaimana mestinya.

Cara membersihkan jamur yang tepat

Untuk menghilangkan jamur yang tumbuh ditembok dapat dilakukan dengan cara melakukan pengerokan bagian tembok yang ditumbuhi jamur serta mencucinya dengan larutan detergen. Perlu diperhatikan selama tembok masih lembab dan jarang terkena sinar matahari, tempat tersebut berpotensi dtumbuhi jamur lagi meski sudah dibersihkan sebelumnya. Menggunakan cat tembok anti jamur dapat pula meminimalisir tumbuhnya si jasad renik ini.

(Baca juga: Tips ampuh merawat rambut si buah hati)

Sebagai alternatif untuk membersihkan jamur, dapat juga digunakan cairan pemutih yang dilarutkan dalam air. Campurkan larutan pemutih kedalam  air dengan perbandingan satu gelas pemutih dicampur dengan satu galon air. Jika jamur tumbuh di bagian furnitur, lap bagian berjamur dengan menggunakan air sabun atau air dengan bahan pemutih tadi, kemudian jemur dibawah sinar matahari sampai kering sempurna. Pastikan ayah bunda menggunakan masker saat melakukan pembersihan jamur.


Image source: http://www.flickr.com/photos/loganz/3443212473/

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru