09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Waspadai dampak negatif tablet dan smartphone bagi balita bunda

KategoriParenting
Di lihat1574 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Diusia berapa si kecil boleh dikenalkan dengan tablet atau telefon pintar?

Dengan semakin terjangkaunya teknologi tablet dan smartphone, menjadikan semakin banyak keluarga yang memiliki perangkat tersebut. Teknologi layar sentuh pada tablet sangat disukai anak-anak karena begitu mudah dioperasikan dan menawarkan daya tarik tersendiri bagi mereka. Namun bolehkan si kecil dikenalkan dengan hal tersebut sejak dini?

Para ahli dari salah satu perguruan tinggi di Inggris, sebagaimana dilansir babycenter.co.uk, mereka berpendapat bahwa teknologi layar sentuh yang terdapat pada tablet dapat menstimulasi perkembangan otak mereka, namun demikian interaksi yang terlalu intens malah dapat menimbulkan dampak negatif bagi si kecil. Hal ini juga berlaku pada perangkat televisi, PC, dan laptop.

Baca juga: 5 Masalah gizi pada anak balita

Lebih lanjut mereka mengatakan bakwa terlalu banyak bermain tablet, smartphone, termasuk menonton TV dan bermain PC dapat memicu gangguan konsentrasi serta nafsu makan si buah hati. Teknologi tersebut cenderung membuat si kecil menjadi kurang bergerak, padahal disaat usia bayi sampai balita searusnya mereka di dorong untuk lebih banyak melakukan aktifitas yang melibatkan fisik dan seluruh panca indra setidaknya selama 3 jam per hari agar tumbuh kembangya berjalan sempurna.

Diusia berapa si kecil boleh dikenalkan dengan tablet atau telefon pintar?

Beberapa ahli merekomendasikan si kecil dibawah dua tahun sebaiknya tidak dikenalkan dengan tablet, TV, komputer, maupun perangkat elektonik lainya. Namun sebagian ahli lainnya masih memperbolehkan perangkat eletronik khususnya yang melibatkan interaksi antara ayah bunda dan si kecil.

Baca juga: 7 Tips mendisiplinkan di kecil tanpa kekerasan

Terlalu banyak berinteraksi dengan tablet atau TV akan membuat si kecil kurang bergerak serta kurang bersosialisasi dengan lingkunganya. Disaat usia pertumbuhan aktifitas fisik dan sosial tersebut sangat penting terutama untuk memacu perkembangan motorik, kognitif, emosional, dan sosial mereka.

Berapa lama seharusnya si kecil bermain tablet atau smartphone?

Jika ayah bunda memperbolehkan si kecil bermain tablet, para ahli merekomendasikan agar tidak lebih dari 15 – 20 menit perhari khususnya untuk anak dengan usia 1-3 tahun. Sedangkan untuk anak dengan usia diatas 3 tahun para ahli menyarankan tidak lebih dari 1-2 jam per hari dan ini sudah termasuk waktu nonton TV, bermain komputer, atau permainan sejenis. Rekomendasi ini adalah hal yang lumrah dilakukan di Negara Amarika, Kanada, dan Australia.

Baca juga: 3 Resep jus sayur dan buah untuk menaikan berat badan balita

Tips seputar permainan tablet bagi si kecil

  • Batasi waktu bermain tablet mereka setiap harinya, orang tua yang sibuh bekerja terkadang meremehkan kemampuan bermain si kecil tanpa tablet. Jangan terprovoaksi dengan tetangga yang membelikan anak mereka sebuah komputer tablet.
  • Awasi dan seleksi jenis permainan yang dipilih si kecil terlebih saat si kecil sudah bisa meng-unduh permainannya sendiri lewat jaringan internet. Ada banyak permainan yang tidak cocok untuk si kecil karena terlalu vulgar atau menonjolkan aspek kekerasan.
  • Pilihlan jenis permainan atau aplikasi yang bisa dimainkan bersama sehingga ayah bunda dapat ikut bermain sambil menjaga si buah hati.
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru