09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Waspadai serangan cacing pada anak balita dan langkah pencegahannya

KategoriKesehatan
Di lihat845 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Tips mencagah serangan cacing parasit pada balita

Anak-anak rentan mengalami cacingan terutama jika kurang menjaga kebersiha . Cacing dapat memasuki tubuh si kecil melalui beberapa cara diantaranya lewat telur cacing yang termakan atau lewat larva cacing yang menembus kulit lalu masuk kedalam pembuluh darah. Jenis cacing parasit yang umum menyerang manusia adalah cacing pita, cacing tambang, dan cacing kremi.

Beberapa jenis cacing terutama cacing gelang saat masuk kedalam tubuh akan menetap di dinding usus dan berkembang biak membentuk koloni. Cacing tersebut akan menyerap makana lewat dinding usus dan sebagai akibatnya si kecil akan mengalami kurang gizi. Jenis cacing kremi biasanya hidup dibagian anus dan dapat menyebabkan gatal pada bagian dubur. Jika tidak ditangani segera, si kecil yang mengalami cacingan dapat mengalami gangguan pertumbuhan, anemia, bahkan dalam kasus khusus menyebabkan terhambatnya suplai oksigen ke otak.

Baca juga: Bolehkan balita di beri susu kedelai?

Gejala umum yang nampak saat balita cacingan

Tanda-tanda umum yang sering nampak saat si kecil terkena infeksi cacing parasit diantaranya: Menurunya nafsu makan, terhambatnya pertumbuhan yang dicirikan dengan badan kurus tapi bagian perut buncit, keluahan nyeri pada bagian perut, sering mengalami gatal pada bagian anus terutama saat menjelang malam, diare, demam, lemas, dan mual.

Gejala lain yang mungkin tampak adalah munculnya ciri-ciri anemia seperti muka nampak pucat dan kadar hemoglobin dalam darah rendah. Batuk berkepanjangan dan sesak nafas dapat pula disebabkan oleh serangan cacing parasit yang tumbuh di saluran pernafasan si kecil.

Penanganan cacing parasit pada anak balita

Jika si kecil mengalami cacingan, bunda dapat memberinya obat cacing yang dapat dibeli tanpa resep dokter di apotek terdekat. Tapi jika si kecil berusia dibawah dua tahun atau nampak gejala-gejala yang cukup parah termasuk tidak nafsu makan, mual, muntah, sering sakit perut, dan batuk tak kunjung sembuh, sebaiknya si kecil dibawa ke dokter untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan lebih lanjut. Gejala-gejala diatas dapat juga disebabkan oleh kondisi lain sehingga perlu pemeriksaan lanjut oleh ahli.

Baca juga: Cara cuci tangan yang benar

Tips mencagah serangan cacing parasit pada balita

Untuk menghindari infeksi cacing parasit, kunci utamanya adalah menjaga kebersihan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghindari cacingan:

1. Biasakan si kecil untuk mencuci tangan dengan sabun setelah bermain di luar, setelah dari kamar mandi, sebelum makan, dan sebelum tidur.

2. Pastikan si kecil menggunakan sandal atau sepatu saat bermain di luar. Selain untuk menghindari serangan larva cacing yang dapat menembus telapak kaki si kecil, mengenakan pelindung kaki juga menghindarkan kaki si kecil dari bahaya benda tajam. Biasakan mereka untuk mencuci kaki dengan sabun setelah beraktivitas di luar dan sebelum tidur.

3. Cuci bahan makanan mentah dengan air mengalir. Telur cacing dapat menempel pada bahan makanan mentah seperti sayuran dan buah buahan, oleh karenanya pastikan bunda mencuci bersih bahan makanan tersebut dalam air mengalir.

4. Saat memasak pastikan bahan makanan matang sempurna. Cara masak yang tidak baik masih memungkinkan telur cacing untuk bertahan dan aktif kembali saat masuk pencarnaan si kecil.

Baca juga: 6 Tips sederhana agar si kecil selalu sehat

5. Hindari jajan di tempat sembarangan. Ajari si kecil agar tidak jajan sembarangan saat mereka berada di luar. Jajanan yang tidak terjaga kehigienisanya beresiko tinggi terifeksi telur cacing baik melalui udara mauoun melalui lalat.

6. Potong pendek kuku si kecil. Bagian bawah dari kuku tangan dan kaki adalah tempat ideal bagi telur cacing untuk menempel. Saat si kecil bermain di halaman, tanah yang mengandung telur cacing dapat masuk ke bawah kuku.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru