09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Yang terjadi saat usia kehamilan menginjak 3 minggu

KategoriKehamilan
Di lihat2853 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

apa yang terjadi saat usia kehamilan menginjak 3 pekan?

Saat usia kehamilan menginjak 3 minggu, ada banyak perubahan yang terjadi dalam tubuh bunda. Bakal bayi saat tersebut masih berupa gumpalan yang terdiri dari beberapa ratus sel yang secara medis dikenal dengan sebutan blastosit menjadi penghuni rahim ibu hamil. Blastosit kemudian akan melepaskan hormon hCG (human chorionic gonadotropin) sebagai signal pada indung telur untuk menghentikan pelepasan sel telur baru, memproduksi hormon estrogen dan progesterone, dan memicu pembentukan plasenta.

Baca juga: Daftar perlengkapan untuk melahirkan

Sementara itu, cairan ketuban mulai terkumpul disekitar kumpulan sel embrio dan dibatasi oleh kantung ketuban. Secara umum cairan ketuban ini berperan sebagai pelindung si janin dari getaran atau benturan selama beberapa bulan kedepan. Saat masih dalam bentuk ini, plasenta masih belum berfungsi sehingga embrio mendapat pasokan oksigen dan makanan lewat pembuluh darah yang ada dirahim.

Kondisi yang bunda alami

Saat sel sperma bertemu dengan sel telur yang disebut dengan proses fertilisasi, tubuh bunda akan mengalami penyesuaian agar embrio atau bakal janin mendapatkan lingkungan optimal untuk tumbuh. Pada tahapan ini mungkin sebagian ibu belum menyadari bahwa ia sudah hamil, mengingat tanda-tanda kehamilan belum nampak jelas dan mungkin karena periode dating bulan masih belum waktunya.

Namun sebagian ibu hamil sudah mulai merasakan adanya perubahan meski mungkin awalnya tidak mengaitkan dengan kehamilan. Misalnya saat ibu hamil menjadi lebih sering buang air kecil, sebagian wanita menganggap kondisinya sebagai infeksi kandung kemih. Beberapa pekan sampai trimester pertama, gejala-gejala kehamilan mulai nampak jelas.

Baca juga: Ini dia porsi ideal makanan bayi

Beberapa gejala kehamilan yang biasanya muncul diantaranya adalah lemas, letih, penciuman menjadi lebih sensitif, mual, muntah, menyukai atau menolah jenis makanan tertentu, dan suasana hati mudah berubah.

Tes kehamilan di rumah

Tes kehamilan yang dapat bunda peroleh di apotek pada dasarnya adalah pendeteksi keberadaan hormone hGC yang diproduksi oleh blastosit atau bakal janin. Tes kehamilan mengandung zat kimia yang bias mendeteksi keberadaan hormone tersebut. Satu pekan setelah proses pembuahan sel telur oleh sperma, setelah hormone hCg dihasilkan, saat bunda melakukan tes kehamilan maka akan menunjukan positif.

Jika hasil tes menyatakan negatif namun bunda msih belum mendapat haid, bunda dapat melakukan tes kehamilan lagi setelah 2-3 hari setelah tes pertama. Banyak alat tes kehamilan mengklaim memiliki 99 persen tingkat akurasi, saat digunakan satu hari keterlambatan datang bulan.

Baca juga: 3 Jenis makanan yang tidak boleh diberikan pada bayi

Meski demikian para ahli merekomendasikan bunda yang sedang menjalani program kehamilan untuk melakukan tes setelah dating bulan mengalami keterlambatan 1 pekan. Pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan yang disertakan dalam dalam kemasan.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru